RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA Negeri
3 Kota Banda Aceh
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : X/Satu
Materi Pokok : Atletik (Lari
Jarak Pendek )
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP (6 X 45 menit) *Untuk SMP 1 JP=40 Menit
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.1
Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu Atletik
(lari jarak pendek) untuk menghasilkan kecepatan
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu Nomor Atletik berupa lari jarak pendek
koordinasi gerak yang baik.
Indikator
·
Menjelaskan tahapan
teknik Star dalam
lari jarak pendek, Aba-aba star jongkok, teknik gerakan,
teknik gerakan masuk
finish, pada waktu
melakukan latihan teknik tersebut.
·
Menemukan variasi dan kombinasi
teknik Star dalam lari
jarak pendek, Aba-aba star jongkok, teknik gerakan,
teknik gerakan masuk
finish, pada waktu
melakukan latihan teknik tersebut.
·
Menganalisa kelebihan
dan kelemahan variasi
dan kombinasi teknik
Star dalam lari
jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Melakukan latihan teknik dasar
Star dalam lari
jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar Star dalam lari
jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Melakukan perlombaan
Lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi
siswa dapat:
·
Menjelaskan tahapan
teknik dasar Start dalam
lari jarak pendek, Aba-aba start
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Menemukan variasi dan kombinasi
teknik dasar Start dalam
lari jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Menganalisa kelebihan
dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik dasar Star dalam
lari jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
*)
Ditambahkan tentang afektif dan kognitif
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan siswa dapat:
·
Menemukan dan
mendapatkan pengalaman gerak tahapan teknik dasar Star dalam
lari jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Menemukan pengalaman
gerak dari latihan variasi dan kombinasi teknik dasar Star dalam
lari jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Menganalisa kelebihan
dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik dasar Star dalam
lari jarak pendek, Aba-aba star
jongkok ,teknik gerakan, teknik
gerakan masuk finish,
pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
Materi
Pembelajaran
·
Fakta
1. Sejarah
perkembangan Atletik
( Lari Jarak Pendek ) dunia dan di Indonesia
2. Perlombaan Atletik (lari Jarak
Pendek ) baik langsung atau melalui media elektronik
3. Melihat Latihan
teknik pada klub Atletik atau
melalui media elektronik
·
Konsep
1.
Teknik dasar Star Lari Jarak Pendek
2. Teknik Aba-Aba Star Jongkok
3. Teknik Dasar Gerakan
4. Teknik Gerakan Masuk Finish
·
Prinsip
1. Sikap Permulaan. Berdiri tegak
kedua kaki rapat, tengak lengan lurus di samping badan dan pandangan lurus
kedepan.
2. Aba-Aba Star , Bersedia, Siap, Ya
atau Bunyi ( pistol ).
3. Hal-hal yang perlu di perhatikan
ketika lari jarak pendek .
4. MenempatkanTeknik memasuki garis finis.
·
Prosedur
1. Sikap
awal
2.
Perkenaan lapangan
Atletik
3. Sikap
akhir atau gerakan lanjutan
4. Sikap tubuh
5. Perlombaan Atletik (Lari Jarak Pendek) dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
Metode pembelajaran
Pendekatan : scientific
Model pembelajaran :
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengolah informasi, dan konfirmasi (Cooperative Learning)
Tekhnik : Permainan (game)
Alat/Media/Bahan
·
Alat : Bola,
peluit, lapangan, stopwatch,
bendera, corong
·
Bahan
ajar :
Buku pegangan Penjasorkes
jilid 1,video pembelajaran
teknik /permainan Lari, dan lainnya.
Langkah – langkah
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN/GAMBAR
|
SKENARIO KBM
|
WAKTU
|
NILAI
KARAKTER
|
|
Pendahuluan
Berbaris
Peserta didik dibariskan membentuk 2 saf atau
berbanjar kebelakang, peserta didik yang tinggi di belakang dan yang kurang tinggi berada di barisan
depan.
Berdoa
Semua peserta didik berdo’a, do’a dipimpin oleh guru/ peserta didik .
Presensi
Guru melakukan presensi untuk mengetahui
jumlah peserta didik dengan cara menghitung jumlah peserta didik yang tidak hadir.
1.
Apresepsi
Guru membuka pelajaran dengan salam dan
menjelaskan materi pembelajaran hari ini, agar peserta didik mengetahui
materi pembelajaran yang akan dipelajari.
2.
Warming-up
Model warming-up dalam bentuk game (aktif kesegala arah). nama gamenya
|
10 menit
10 menit
|
Disiplin
Jujur
Menghargai teman
Bertanggung Jawab
Religius
(bersyukur terhadap sang pencipta)
Jujur
Bekerja sama,sportif,jujur.
|
|
INTI
1. Mengamati
Peserta didik Mengamati peragaan yang dilakukan
oleh guru maupun peserta didik lain, cara melakukan teknik dasar dalam lari jarak pendek.
.
2. Bertanya
Melakukan berbagai klarifikasi kepada guru
mengenai berbagai hal yang belum dipahami.
Menanyakan berbagai hal yang ingin
diketahui lebih lanjut baik kepada teman sebaya maupun kepada guru tentang teknik dasar lari jarak pendek
3.Mencoba
Peserta didik mencoba melakukan keterampilan gerak dasar sesuai dengan deskripsi gerak yang telah dipelajari bersama dengan berbagai
cara dan di bawah pengamatan teman dan guru,
dengan tahapan:
·
Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah yang sama
banyak. Guru mengatur formasi barisan peserta didik.
·
Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan teknik dasar Lari dengan baik dan benar
·
Guru menilai
keaktifan dan kerjasama kelompok
peserta didik dalam melakukan latihan
teknik dasar Lari.
4.Mengolah
informasi/menalar
Peserta didik berusaha menilai gerakan dalam lari yang dilakukan oleh mereka dan berusaha mengambil kesimpulan gerakan
yang paling sesuai.
·
Peserta didik saling memberi
masukan dan melakukan perbaikan sesuai dengan hasil pengamatan dan simpulan.
5.mengkomunikasikan
·
Peserta didik menampilkan gerakan dasar dalam lari berdasarkan deskripsi gerak sesuai
dengan berbagai masukan dari teman dan guru.
·
Peserta didik melaporkan kejadian-kejadian yang dialami
bersama pasangannya selama pembelajaran.
·
Guru melakukan penilaian (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) selama
pembelajaran berlangsung.
·
Guru
memberitahukan kepada siswa gerakan mana yang benar dan gerakan mana yang
salah
·
Melakukan permainan
yang di modifikasi
|
80 ‘
|
|
|
PENUTUP
1.Cooling-down
Peserta didik dikumpulkan kembali dan
melakukan cooling-down dalam bentuk
game (memijat kaki dengan berpasangan bergantian).
2.Penjelasan
materi/ review
Merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran
secara bersama-sama.
Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang
materi lari
Memberikan umpan balik dan rencana kegiatan pembelajaran
berikutnya.
3.Berdoa
Berdoa bersama dan
menyampaikan salam.
|
20 menit
|
Bekerja sama,sportif,jujur.
Religius
(bersyukur terhadap sang pencipta)
|
PENILAIAN
1.
Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian
hasil dilakukan melalui tes praktik, presentasi dan fortofolio.
2.
Aspek dan Instrumen
penilaian
Instrumen observasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok,
tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja
fortofolio menggunakan lembar makalah
dengan fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan teknik latihan dasar
serta variasi latihannya.
Instrumen tes
menggunakan tes praktik dan tes lisan serta tes tertulis
3.
Contoh Instrumen
(Terlampir)
Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013 Penjasorkes Jilid 1
Banda aceh, 1 juli 2013
Mengetahui Kepala SMA Negeri 3 Guru Mata Pelajaran Penjasorekes
Kota Banda Aceh
Drs. Teuku Junaidi
S.Pd Drs. Suhardiaman
NIP.195804091987031003 Nip.196503201994121002
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran :
a.
Lembar Observasi dan
kinerja presentasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN
KINERJA FORTOFOLIO
Mata
Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Program : X/Mipa
Kompetensi : KD 3.1 dan 4.1
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
Aktifitas
|
tanggungjawab
|
Kerjsma
|
Peran serta
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
4/T
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor :
Total skor 30
Nilai
23 - 30 =
Sangat tinggi
16 – 22 = 3 ( Tinggi )
8 – 15
= 2 ( Cukup )
0 –
8 = 1 ( Kurang)
a.
Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
A.
Berilah tanda ceklist
pada kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Tujuan
utamaStar Lari Jarak Pendek adalah untuk melakukan cara berjongkok
|
|
|
2.
|
Memberi
abab-aba pada saat star jongkok bertujuan untuk persiapan lari.
|
|
|
3.
|
Teknik
Gerakan bertujuan untuk di usahakan
agar badan tepap rileksdan condong kedepan
|
|
|
4.
|
Pada umumnya Lari Jarak pendek
sering digunakan untuk menambah
kekuatan daya ledak
|
|
|
Contoh penugasan
fortofolio.
·
Buatlah Fortofolio
teknik dasar mengoper, mengontrol,
menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan
punggung kaki serta sikap tubuh yang
benar dengan struktur seperti berikut. Gunakan laptop/komputer untuk
mendapatkan materi teknik dasar sepakbola. Kirim laporan melalui email guru.
Struktur Fortofolio
adalah sebagai berikut
a.
Judul
b.
Tujuan
c.
Landasan teori
d.
Teknik dasar sepakbola
(sertakan dengan gambar atau foto)
e.
Kesimpulan
f.
Referensi
FORMAT PENILAIAN
(PORTOFOLIO)
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Peminatan : X/MIA/IIS/IBB
Materi Pokok : Teknik dasar
Lari
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor rata-rata
|
Nilai
|
|||||
Visual
|
Kelengkapan
|
Kerapihan
|
Penyajian Materi
|
Bahasa
|
Ketepatan waktu
|
||||
1.
|
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3,33
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sangat baik : 4
Baik : 3
Cukup : 2
Kurang : 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Jumlah
skor maksimal
|
X
100
|
Ketuntasan minimal yang diperoleh
skor 18 atau nilai 75
Tidak ada komentar:
Posting Komentar